SOAL UHB PKn claz VIII

MUHAMMADIYAH MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
SMP MUHAMMADIYAH SEMIN
TERAKREDITASI A
Alamat : Semin, Semin, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta KP. 55854 Telp. 02744390311 Email: smpmuhsemin@ymail.com

ULANGAN HARIAN BERSAMA SMP MUHAMMADIYAH SEMIN GUNUNGKIDUL
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
KELAS : VIII
HARI :
PUKUL : 09.30 – 11.00 (90 menit)

PETUNJUK UMUM :
1. Berdoalah sebelum dan sesudah mengerjakan soal
2. Perhatikanlah dan ikuti pengisian pada lembar jawaban yang disediakan
3. Periksa dan bacalah setiap soal dengan seksama sebelum menjawab
4. Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang
5. Mintalah kertas buram kepada pengawas apabila diperlukan
6. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang ( X ) pada huruf a,b,c atau d, dilembar jawab
7. Kerjakan pada lembar jawab yang disediakan dengan menggunakan bolpoin/tinta
8. Apabila anda ingin memperbaiki /mengganti jawaban, cukup dengan memberi tanda Sama dengan (=) pada huruf yang akan diganti
9. Periksalah seluruh pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.


SELAMAT MENGERJAKAN

PETUNJUK KHUSUS
Untuk soal nomor 1 sampai dengan 40 pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada lembar jawaban yang tersedia.

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar


1. Istilah ideologi muncul pertama kali diciptakan oleh seorang filusuf Prancis yang bernama .......
a. Napoleon Bonaparte
b. Rousseau
c. Destutt de Tracy
d. Destutt de Bonaparte

2. Berikut ini yang merupakan fungsi ideologi adalah .............
a. sebagai alat kebanggan individu
b. sebagai dasar untuk melawan ideologi lain
c. memberi norma-norma yang menjadi pedoman dan pemegang untuk melangkah dan bertindak
d. memberi dasar bagi hakim untuk menghukum para pelaku kejahatan

3. Kumpulan konsep ajaran yang dijadikan asas berpendapat serta menjadi pedoman arah tujuan untuk kelangsungan hidup, cara berpikir seseorang atau golongan adalah ...............
a. dasar negara c. filosofi
b. ideologi d. falsafah negara

4. Menurut Notonegoro, asal mula Pancasila yang bertujuan untuk menjadikan Pancasila sebagai dasar negara serta sebagai penyebab sambungan setelah dirumuskannya filsafat negara disebut .......
a. asal mula tujuan c. asal mula bahan
b. asal mula karya d. asal mula bentuk

5. Berikut yang bukan termasuk asal kata ideologi adalah
a. logos c. logia
b. idein d. idea

6. Agar relevansi dengan perkembangan aspirasi masyarakat dan tuntutan zaman, setiap ideologi harus memiliki dimensi .....
a. logis c. sakralisme
b. solidaritas d. realita

7. Perhatikan rumusan Pancasila berikut ini.
1) Ketuhanan Yang Maha Esa.
2) Rasa Persatuan Indonesia.
3) Rasa Kemanusiaan yang adil dan beradab.
4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat permusyawaratan perwakilan.


5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Rumusan Pancasila di atas dikemukakan oleh ............
a. Ir. Soekarno c. Soepomo
b. Moh. Yamin d. Moh. Hatta

8. Pancasila berasal dari kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia sendiri. Hal ini termasuk asal mula Pancasila yang disebut ...........
a. kausa materialis c. kausa formalis
b. kausa finalis d. kausa efisien

9. Proses lahirnya Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup negara Indonesia adalah ..............
a. peninggalan leluhur
b. melalui proses persidangan
c. melalui proses panjang
d. spontanitas

10. Berlakunya Pancasila sebagai dasar negara adalah sah karena Pancasila tercantum dalam UUD 1945 yang disahkan oleh perwakilan rakyat, yaitu ...........
a. BPUPKI c. PPKI
b. MPRS d. MPR RI

11. Latar belakang Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah ............
a. untuk menjawab tantangan zaman
b. melestarikan nilai-nilai dasar yang bersumber dari kepribadian bangsa Indonesia
c. untuk melaksanakan pembangunan di segala bidang
d. memahami sejarah perjuangan bangsa

12. Peranan Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ...............
a. pedoman dalam mengatur warga negara
b. pedoman dalam berpikir dan bertindak
c. pedaoman dalam bergaul dengan negara lain
d. pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan

13. Semua peraturan perundangan-undangan termasuk proses reformasi di segala bidang harus merupakan penjabaran nilai-nilai Pancasila.
Hal ini berarti .............
a. Pancasila sebagai landasan kekuasaan kehakiman.
b. Pancasila sebagai sumber keruntuhan rezim orde baru
c. Pancasila sebagai sumber hukum dasar
d. Pancasila sebagai alat untuk mencapai kekuasaan negara
14. Sifat suatu ideologi yang mampu mengadaptasi perbuhan-perubahan sesuai dengan aspirasi bangsanya disebut ............
a. reformatif c. dogmatif
b. agresif d. represif

15. Salah satu peran penting Pancasila adalah memilah dan menangkal pengaruh asing yang tidak sesuai. Hal tersebut adalah peran Pancasila sebagai .............
a. Pengaruh manusia c. kendali hidup
b. filter masyarakat d. motivasi

16. Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh, artinya ................
a. sila-sila prinsipnya hanya satu
b. sila-sila tidak dapat dipisahkan
c. Pancasila hanya dapat dilaksanakan apabila bersatu
d. Pengamalan sila-sila Pancasila berawal dari persatuan dan kesatuan rakyat

17. Nilai-nilai dasar yang tersirat dalam sila kedua Pancasila adalah .............
a. tidak memaksakan kehendak
b. menghormati hak orang lain
c. menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan
d. mengembangkan suasana kekeluargaan dan gotong-royong

18. Pancasila sebagai dasar filsafat negara Indonesia disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh ..............
a. BPUPKI c. Presiden Soekarno
b. PPKI d. Panitia Sembilan

19. Penjabaran dan pelaksanaan Pancasila sebagai dasar negara diuraikan lengkap dalam .................
a. UUD 1945 dan Peraturan Perundang-undangan
b. Pembukaan dan penjelasan UUD 1945
c. Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945
d. UUD 1945 dan Dekrit Presiden

20. Berikut ini sikap positf terhadap Pancasila terutama sila kedua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ...........
a. membantu orang lain karena haknya
b. meningkatkan kegiatan silaturahmi
c. menghormati orang yang lebih tua
d. menghormati hak asasi manusia

21. Perhatikan pernyataan berikut ini.
1) Diyakini 4) Diteladani
2) Dipahami 5) Dikeramatkan
3) Dilaksanakan
Pancasila akan dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara apabila memenuhi unsur nomor .............
a. 3), 4), 5), dan 1) c. 1), 2), 3), dan 4)
b. 2), 3), 4), dan 5) d. 5), 3), 4), dan 2)

22. Berlakunya Pancasila sebagai dasar negara adalah sah, karena Pancasila tercantum dalam UUD 1945 disahkan oleh perwakilan rakyat, yaitu ...............
a. BPUPKI c. MPRS
b. PPKI d. MPR RI

23. Daras formal kedudukan Pancasila sebagai dasar negara RI terdapat dalam ..............
a. alinea IV Pembukaan UUD 1945
b. alinea II Pembukaan UUD 1945
c. alinea I Pembukaan UUD 1945
d. alinea IIII Pembukaan UUD 1945

24. Ideologi sebagian asas kerohanian memiliki ciri .............
a. terdapat tanda gambar/simbol yang bersifat agamis
b. mempunyai derajat yang tinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan
c. memiliki daya tarik yang bernilai artistik dan gaya bahasa yang puitis
d. hanya dapat berkembang di negara yang sudah maju

25. Pancasila disebut ideologi terbuka karena memiliki tiga dimensi, yaitu dimensi realita, dimensi idealisme, dan dimensi .............
a. cultural c. konstitusional
b. universal d. fleksibel

26. Ideologi Pancasila bersumberkan pada ........
a. budaya bangsa Indonesia
b. kepribadian bangsa
c. nilai-nilai luhur
d. budaya suku bangsa Indonesia

27. Rumusan Pancasila yang sah dan resmi tercantum dalam ..........
a. Piagam Jakarta
b. Batang Tubuh UUD 1945
c. Pembukaan UUD 1945
d. Dokumen resmi negara RI

28. Hukum dasar tertulis NKRI yang memuat dasar dan garis besar hukum adalah .............
a. UU c. TAP MPR
b. UUD 1945 d. PP

29. Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan YME merupakan perwujudan pengamalan Pancasila sila ke- .........
a. 1 c. 3
b. 2 d. 5
30. Paham ideologi yang jelas bertentangan dengan Pancasila dan dilarang di Indonesia adalah ...........
a. kapitalisme c. fasisme
b. liberalisme d. komunisme

31. Idelogi Pancasila bersumber pada .............
a. budaya bangsa Indonesia
b. budaya suku bangsa Indonesia
c. nilai-nilai luhur bangsa Indonesia
d. kepribadian bangsa Indonesia

32. Salah satu bentuk penyelewengan ideologi Pancasila dalam tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah ...........
a. mendukung gerakan perdamaian
b. selalu berkunjung keluar negri
c. korupsi, kolusi, dan nepotisme
d. mempelajari ideologi orang lain

33. Peran Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ............
a. pedoman dalam mengatur warga negara
b. pedoman berpikir dan bertindak
c. pedoman penyelenggaraan pemerintahan
d. pedoman dalam bergaul dengan negara lain

34. Pada Peringatan “Seabad Kebangkitan Nasional tahun 2008”, hendaknya pengamalan Pancasila lebih diusahakan dengan ...........
a. mempelajari sjarah Pancasila
b. melaksanakan dengan konsekuen
c. mengubah sesuai perkembangan zaman
d. membiarkan apa adanya

35. Istilah konstitusi berasal dari bahasa Prancis “konstituan” yang berarti ............
a. dasar negara
b. bentuk pemerintahan
c. peraturan negara
d. membentuk negara

36. Berikut yang dimaksud dengan konstitusi dalam arti sempit adalah ...........
a. konvensi
b. undang-undang
c. undang-undang dasar
d. peraturan pemerintah

37. Untuk pertama kalinya, UUD 1945 ditetapkan sebagai undang-undang dasar negara Indonesia yaitu pada tanggal .........
a. 17 Agustus 1945
b. 18 Agustus 1945
c. 19 Agustus 1945
d. 20 Agustus 1945

38. Amandemen UUD 1945 di Indonesia telah dilakukan sebanyak ........kali.
a. 4 c. 2
b. 3 d. 1

39. Salah satu alasan perlunya amandemen UUD 1945 adalah .........
a. menuju kebebasan berpolitik
b. menyesuaikan dengan tuntutan negara lain
c. perubahan bentuk negara
d. menuju kehidupan bernegara yang lebih demokratis

40. Menurut UUD 1945 amandemen, keanggotaan MPR terdiri atas ...........
a. DPR dan DPD
b. DPR dan utusan golongan
c. DPR dan DPRD
d. DPR dan utusan daerah


Untuk nomor 41 sampai dengan nomor 45, jawablah dengan singkat dan tepat !

41. Sebutkan 4 (empat) fungsi ideologi!
42. Sebutkan 4 (empat) bentuk pengkhianatan terhadap ideologi Pancasila!
43. Sebutkan 4 (empat) makna yang terkandung dalam Pancasila sila ke-1!
44. Sebukan isi Konferensi Meja Bundar (KMB) pada tanggal 23 Agustus – 2 November 1949!
45. Sebutkan apa saja konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia dan kapan berlakunya!


KUNCI JAWABAN

SOAL PILIHAN GANDA

1. C 11. B 21. C 31. C
2. B 12. A 22. B 32. C
3. B 13. C 23. A 33. A
4. A 14. A 24. D 34. B
5. A 15. B 25. D 35. D
6. D 16. B 26. A 36. C
7. B 17. C 27. C 37. B
8. A 18. B 28. B 38. A
9. D 19. A 29. B 39. D
10. C 20. D 30. D 40. A

SOAL URAIAN
1. fungsi ideologi yaitu :
1) Sebagai landasan berpikir, di mana ideologi menjadi landasan untuk memahami dan menafsirkan kejadian-kejadian dunia dan alam.
2) Membuka wawasan dan memberikan arah serta tujuan dalam kehidupa masyarakat.
3) Menjadi pedoman danpegangan bagi masyarakat dan bangsa untuk bertindak serta melangkah.
4) Merupakan bekal dan petunjuk jalan untuk menemukan identitas bagi suatu bangsa.
5) Mendorong dan memotivasi masyarakat dan bangsa dalam menjalankan dan mencapai tujuan.
6) Mendidik masyarakat untuk menghayati dan menaati norma serta aturan yang berlaku.

2. Bentuk penghianatan erhadap ideologi Pancasila :
1) Pemberontakan PKI Madiun
2) Pemberontakan DI/TII
3) Pemberontakan APRA
4) Pemberontakan RMS
5) Pemberontakan G 30 S/PKI
6) Pergolakan pada masa orde baru

3. Makna yang terkandung dalam Pancasila sila ke-1 :
1) Percaya dan takwa terhadap Tuhan YME sesuai dengan agama dan kepercayaan masing- masing
2) Saling menghormati dan bekerja sama di antara pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda
3) Memberi kebebasan kepada orang lain dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan
4) Tidak memaksakan agama atau kepercayaan kepada orang lain.
5) Membina kerukunan hidup antar sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

4. Isi Konverensi Meja Bundar (KMB) :
1) Didirikannya Negara Republik Indonesia Serikat
2) Penyerahan kedaulatan kepada RIS
3) Didirikannya uni antara RIS dengan Kerajaan Belanda

5. Konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia :
1) UUD 1945 (18-8-1945)
2) UUD RIS (27-12-1949)
3) UUDS (17-8-1950)
4) UUD 1945 (5-7-1959 s.d. sekarang)
5) UUD 1945 hasil amandemen.